Relaktasi: Bisakah Kembali Ke ASI?

Bisa, tegas Dedi Setiawan, IBCLC, konsultan laktasi dari RSIA Kemang Medical Care Jakarta. Tak hanya wanita yang pernah atau sedang menyusui tapi kemudian berhenti saja yang dapat menyusui kembali, wanita yang tidak sedang menyusui atau bahkan yang tidak hamil pun juga mampu menyusui, jika misalnya ia mengadopsi anak.

Relaktasi, atau menyusui kembali setelah berhenti menyusui memiliki prinsip dasar yang sama dengan prinsip dasar jika seorang ibu ingin memperbanyak ASI-nya. Walaupun memang kegiatan relaktasi tersebut membutuhkan usaha dan waktu lebih banyak.

Yakinkan Diri

Jika seorang ibu ingin melakukan relaktasi atau memperbanyak ASI, hal terpenting yang harus dilakukan adalah meningkatkan frekuensi menyusui dan memastikan pelekatannya benar. Jika bayi tidak sering menyusu, ASI tidak akan bertambah meskipun apapun yang telah ibu lakukan. Selain itu, keyakinan dan kepercayaan diri juga memegang peranan penting di samping tetap menjaga kecukupan nutrisi serta mengupayakan sesering mungkin kontak fisik dengan si kecil. Ibu harus yakin dan percaya diri bahwa ia mampu menyusui kembali.

Manfaatkan Makanan Tradisional

Ada beberapa makanan, minuman atau jamu-jamuan khusus di beberapa tempat yang diyakini dapat meningkatkan suplai ASI yang dikenal dengan laktogog. Laktogog tidak bekerja seperti obat, tapi bisa membantu seorang wanita menjadi percaya diri dan rileks.

Dokter kadang meresepkan obat-obatan seperti metoklopramid atau dom peridon untuk meningkatkan ASI, obat-obatan ini bisa menolong dalam situasi sulit, tapi sebaiknya tidak digunakan secara rutin. Sekalipun memakai obat, bayi tetap perlu sering menyusu untuk meningkatkan pasokan ASI yang baik, bila tidak maka obat tidak efektif.

Tak perlu berkecil hati. Dengan tekad dan kepercayaan diri kuat serta berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terkait, Mom pasti bisa mewujudkan mimpi kembali ke ASI.

 

Dedi Setiawan, IBCLC, Tim Laktasi RSIA Kemang Medical Care

Artikel Pernah Dimuat dan Disunting dari Majalah Parents Guide Edisi Maret 2012

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print