Apakah Terapi Bermain itu?

Terapi Bermain adalah salah satu tehnik terapi yang dilakukan kepada anak, agar memberikan efek therapeutic pada kesulitan atau gangguan yang dimiliki anak melalui cara bermain. Juga dapat disebutkan sebagai salah satu bentuk konseling/psikoterapi yang menggunakan Bermain sebagai alat komunikasi yang membantu permasalahan psikososial anak.

Seperti kita ketahui bersama, pendekatan terapi kepada anak idealnya bersifat holistik atau menyeluruh dari segenap aspek perkembangan. Terapi Bermain membantu dalam aspek psikososial anak, terkait masalah emosi dan perilaku. Sehingga bekerja secara synergy dengan terapi-terapi yang lain. Juga membantu merekatkan kembali hubungan orangtua dengan anak dengan cara yang menyenangkan.

 Apakah bermain itu penting?

 Beberapa quotes dari para ahli di bawah ini, akan membuka wawasan pandang kita terhadap manfaat bermain:

“Play is the highest form of research.” – Albert Einstein (scientist)

“It is paradoxical that many educators and parents still differentiate between a time for learning and a time for play without seeing the vital connection between them.” -Leo Buscaglia (Author, educator).

“Whoever wants to understand much, must play much.” - Gottfried Benn (German physician).

“Children need the freedom and time to play. Play is not a luxury. Play is a necessity.” – Kay Redfield Jamison (Professor of psychiatry).

“Enter into children’s play and you will find the place where their minds, hearts, and souls meet.” – Virginia Axline (Psychologist, Play Therapist).

Bagaimana cara kerjanya?

Layanan Therapeutic Play (Terapi Bermain) di RSIA Kemang Medical Care menggunakan prinsip Terapi Bermain yaitu interaksi yang menyenangkan, rasa percaya dan kedekatan, sosial emosi, empati dengan alat main sederhana, serta beberapa tools dari play therapy, seperti: figurin, puppet, story telling dan art.

Orangtua akan mendapatkan pengalaman baru tentang bagaimana melakukan asah, asih, asuh melalui bermain dengan anak.

Apakah anak anda ….

  • Berat badan tidak sesuai kurva pertumbuhan
  • Balita yang tidak suka bermain, rewel, sering merengek/menangis
  • Pemalu
  • Menarik diri
  • Penakut/ takut
  • Tidak percaya diri
  • Pemarah, temper tantrum
  • Tidak bisa diatur
  • Tidak fokus
  • Overactive , energi yang berlebih
  • Agresif
  • Pencemas
  • Memiliki masalah hubungan dengan orangtua, seperti cemas berpisah, tidak dekat, dsb 

Apakah anda orangtua yang …..

  • Ingin bermain dengan bayi / toddler anda
  • Ingin meningkatkan kualitas waktu bersama anak anda
  • Ingin mengubah perilaku / emosi anak anda dengan cara yang menyenangkan
  • Khawatir, pencemas yang menghambat perkembangan anak
  • Tidak dekat dengan anak, tidak suka menyentuh anak
  • Sibuk, memiliki sedikit waktu dengan anak 

Silakan datang ke Layanan Therapeutic Play , bagian dari Optimum Child Growth and Development RSIA Kemang Medical Care, setiap hari Selasa dan Kamis (melalui perjanjian) . Praktisi Theraplay oleh: dr.Ira Sjaflan, MSi (Certified Therapeutic Play Skills Practitioner) akan memberikan layanan konseling, assessment dan Terapi Bermain yang membantu anak dan orangtua.

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan vaksin palsu. Namun hal ini jangan sampai membuat orang tua “kapok” imunisasi anak, karena imunisasi merupakan usaha untuk membuat tubuh seseorang menjadi kebal terhadap penyakit. Imunisasi digolongkan menjadi dua yaitu imunisasi pasif dan imunisasi aktif.

Imunisasi pasif yaitu kekebalan yang diberikan pada tubuh dalam bentuk zat-zat immunoglobulin atau antibodi. Sedangkan imunisasi aktif, dimana tubuh dirangsang untuk membentuk kekebalan terhadap suatu penyakit dengan memasukkan kuman yang sudah dilemahkan (vaksin), dengan harapan tubuh membentuk antibodi terhadap kuman. Sehingga istilah yang tepat digunakan untuk pemberian vaksin adalah vaksinasi.

Siapa sih yang gak suka dipijat? Pijat merupakan kegiatan yang menenangkan badan dan juga pikiran. Tidak hanya orang dewasa saja yang gemar dipijat, bayi pun senang dipijat. Dengan pijatan-pijatan lembut, bayi akan merasakan sentuhan kasih sayang yang akan membuatnya tenang dan dapat merangsang tumbuh kembangnya.

Pijatan untuk bayi yang sering dikenal dengan sebutan Baby Massage merupakan pemberian usapan, pijatan pada tubuh bayi mulai dari kepala hingga kaki dan disertai dengan gerakan pada persendian, terutama pada persendian alat gerak. Pemberian pijatan pada bayi bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bentuk pemijatan untuk bayi disesuaikan dengan bagian tubuhnya, bisa berupa pijatan dengan tekanan yang ringan pada daerah yang jenis ototnya kecil, tipis dan lembut, bisa juga dengan pijatan yang dalam pada otot yang besar dan tebal.

Orangtua mana yang tidak khawatir apabila sang buah hati belum lancar berbicara bahkan belum bisa mengucapkan sepatah kata. Keterlambatan bicara dapat disebabkan gangguan pendengaran, gangguan pada otak, autisme, atau gangguan pada organ mulut yang menyebabkan anak sulit melafalkan kata-kata. Agar dapat mengetahui kapan seorang anak terlambat bicara, terlebih dahulu kita perlu mengenal tahapan perkembangan bicara normal pada anak:

Usia 0-6 bulan

Bayi hanya dapat menangis untuk menyatakan keinginannya. Pada usia 2-3 bulan, bayi mulai dapat membuat suara-suara seperti aah atau uuh yang dikenal dengan istilah cooing. Setelah usia 3 bulan, bayi akan mencari sumber suara yang didengarnya dan menyukai mainan yang mengeluarkan suara. Mendekati usia 6 bulan, bayi dapat berespons terhadap namanya sendiri dan mengenali emosi dalam nada bicara, yakni mengoceh dengan suku kata tunggal, misalnya papa, dada, baba, mama. Bayi juga mulai dapat mengatur nada bicaranya sesuai emosi yang dirasakannya, dengan ekspresi wajah yang sesuai.

Waspada bila: tidak menoleh jika dipanggil namanya dari belakang, tidak ada mengoceh.

Page 1 of 4

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print